/ / ALLAH SELALU MENGAJARI KITA ILMU

ALLAH SELALU MENGAJARI KITA ILMU


ALLOH SELALU MENGAJARI KITA ILMU (merenung sambil ngopi)
Oleh (Muhammad Aminulloh Ainul Haq)

 Assalamualaikum wr wb...!!!

"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat:Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering(yang berasal) dari lumpur hitam yangberstruktur, maka apabila Aku telah meniupkan kepadanya roh-Ku, maka tunduklah kamu kepadanya denganbersujud." (QS 15:28-29).Jadi manusia diberi roh oleh Allah, diberikesadaran serta kemampuan abstraksi danberkomunikasi secara lisan maupun simbolik,kemampuan analisis dan sintesis, berakal danberpikiran. Kesemuanya itu merupakan alatyang disediakan dalam rangka untukmenjalankan tugas kekhalifahan.

Jadi jelas bahwa Allah telah menurunkan ilmukepada manusia melalui jiwanya, namun manusialah yang akan menentukan ilmu itu akan diarahkan kemana ia mau. Apakah jalan kebajikan ataupun jalan kejahatan. Maka beruntunglah bagi manusia yang membersihkan jiwanya sebab ia akan diberikan kemudahan oleh Allah untuk melakukan kebaikan-kebaikan. Dan sebaliknya sungguh merugi orang yang mengotorijiwanya sebab ia akan mendapatkan jalan kemudahan untuk berbuat kejahatan.

"Bacalah dengan menyebut namaTuhanmu yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah , Bacalah, dan Tuhanmu Yang MahaPemurah, Yang mengajar (manusia)dengan perantaraan kalam, Diamengajarkan kepada manusia apa yangtidak diketahuinya" (QS 96:1-5).

"Allah adalah cahaya bagi langit dan bumi.Perumpamaan cahaya adalah seperti lubang yang didalamnya ada pelita. Pelita itu didalam kaca. Dan kaca itu laksana bintang yangberkilauan yang dinyalakan dengan minyakpohon yang diberkati, yaitu minyak zaitunyang bukan dari timur dan tidak (juga) daribarat. Minyaknya hampir menerangi sekalipuntidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya.Allah memberi petunjuk kepada cahaya-Nyakepada siapa yang dikehendaki-Nya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan bagimanusia dan Allah Maha Mengetahui segalasesuatu, (yaitu) di rumah-rumah, Allahmemerintahkan untuk memuliakan danmenyebut nama-Nya, bertasbih didalamrumah itu pada waktu pagi dan petang, (yaitu)laki-laki yang tidak dilalaikan perniagaan danjual beli dari mengingat Allah, mendirikanshalat dan menunaikan zakat, mereka takutakan hari yang bergoncang padanya hati danpenglihatan, supaya Allah membalas merekadengan yang lebih baik dari apa yang merekakerjakan dan menambah (lagi) karunia-Nya.Dan Allah memberi rezeki kepada siapa-siapayang Dia kehendaki dengan tiadaterbatas" (QS 24:35-38)

Allah memberikan perumpamaan cahaya-Nya seperti lubang yang tak tembus, yang didalamnya ada 'pelita' besar. Cahaya itubersemayam di dalam hati orang-orang yangterpilih dan dikehendaki-Nya. Dengan cahayaitu Allah membimbing dan menuntun hatiagar mampu memahami ayat-ayat Allah sertanasehat-nasehat Allah. Allah-lah yang akan'menghantar' jiwa kita melayang menemui-Nyadan yang akan menunjukkan 'jalan ruhani' kitauntuk melihat-Nya secara 'nyata'. Dengan'cahaya-Nya', kita bisa membedakan petunjukdari syaitan atau dari Allah swt.

ALLOH BERFIRMAN

"Wahai orang-orang beriman jika kamu bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akanmenjadikan bagimu furqan (pembeda) ". (QS8:29)Yang dimaksud dengan 'furqan' adalah cahayayang dengannya, kita semua bisa membedakan antara yang haq dan yang bathil.

FIRMAN ALLOH PULA

"Dan orang-orang yang berjihad untuk(mencari keridhaan) Kami, benar-benar akanKami tunjukkan kepada mereka jalan-jalanKami. Dan sesungguhnya Allah bersamaorang-orang yang berbuat kebaikan" (QS29:69).
Ayat ini menunjukkan bahwa bersungguh-sungguh atau bermujahadah dijalan Allah,memiliki pengaruh didalam memberi 'hidayah'atau 'cahaya' kepada manusia menuju jalan-jalan Allah, yaitu jalan kebenaran.

SUBHANALLOH

Semoga bermanfaat...!!!

about author

Blogger Sens it website about blogger templates and blogger widgets you can find us on social media
Previous Post :Go to tne previous Post
Next Post:Go to tne Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan judul Artikel, Dilarang menebar Link, SPAM, Promosi disini. Jika Admin mengetahui, maka Admin akan menghapus komentar Anda. Jika ada pertanyaan, Anda juga bisa bertanya langsung kepada Pengijazah dengan cara meng Klik Link nama pada judul Artikel. Mohon Taati peraturan ini demi kenyamanan bersama.