/ / KEUTAMAAN BERSHOLAWAT KEPADA ROSULULLOH

KEUTAMAAN BERSHOLAWAT KEPADA ROSULULLOH

Keutamaan bersholawat atas nabi muhammad saw(Narasumber Oleh A Samsul Maarif)
Assalamualaikum wr wb...!!!

Keutamaan bersholawat kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.
Barangsiapa bersholawat kepadaNabi Muhammad satu kali, makaAllah akan bersholawat kepadanya sepuluh kali sholawat.Hal ini berdasarkan hadits shohih berikut ini:

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu‘anhu, bahwa RasulullahShallallaahu ‘alaihi wasallambersabda:
“Barangsiapa yang mengucapkansholawat kepadaku satu kali, makaAllah mengucapkan sholawatkepadanya 10 kali.” (HR. Muslim no.408)2)

Bersholawat kepada Nabi satukali akan menghapuskan 10 kesalahan dan meninggikan 10 derajat.Hal ini berdasarkan hadits shohihberikut ini:

Dari Anas bin Malik Radhiyallaahu‘anhu, bahwa RasulullahShallallaahu ‘alaihi wasallambersabda:
“Barangsiapa yang bersholawatkepadaku satu kali, maka Allahbersholawat kepadanya 10 kalishalawat, dihapuskan darinya 10kesalahan, dan ditinggikan baginya10 derajat.” (HR. an-Nasa’i, III/50dan dinyatakan Shohih oleh Syaikhal-Albani)

Barangsiapa bersholawat kepada Nabi sepuluh kali di pagi hari dan sepuluh kali di sore hari, maka ia berhak mendapatkan syafa’at NabiMuhammad shallallahu alaihiwasallam pada hari kiamat.Hal ini berdasarkan hadits shohihberikut ini:Dari Abu Ad-Darda Radhiyallaahu‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Barangsiapa yang bersholawatkepadaku di pagi hari 10 kali dan disore hari 10 kali, maka dia akanmendapatkan syafaatku pada harikiamat.” (HR. ath-Thabrani dan dinyatakan Hasan oleh Syaikh al-Albani dalam kitab Shahihul Jami’).

Bersholawat kepada NabiMuhammad merupakan salah satusebab terkabulnya doa.Hal ini berdasarkan hadits shohihberikut ini:Dari Anas bin Malik Radhiyallaahu‘anhu, bahwa RasulullahShallallaahu ‘alaihi wasallambersabda:“Setiap doa tertutup (terhalang daripengabulannya, pent) hingga iabershalawat kepada NabiShallallaahu ‘alaihi wasallam.” (HR.ad-Dailami dan dinyatakan Hasanoleh Syaikh al-Albani).Dan juga Berdasarkan haditsFadholah bin ‘Ubaid Radhiyallaahu‘anhu, ia berkata, “RasulullahShallallaahu ‘alaihi wasallammendengar seorang laki-laki berdoadalam shalatnya lalu tidakbershalawat kepada NabiShallallaahu ‘alaihi wasallam. Makabeliau bersabda, “Orang ini tergesa-gesa.” Kemudian beliau memanggildan berkata kepadanya:“Apabila salah seorang dari kalianberdoa, maka hendaklah diamemulainya dengan memuji Allahdan mengagungkan-Nya, kemudianbershalawatlah kepada Nabi, laluberdoa lah dengan apa yang diakehendaki.” (HR. at-Tirmidzi, AbuDawud, an-Nasa’i, dan dinyatakanShohih oleh Syaikh Muqbil bin HadiAl-Wadi’i dalam al-Jami’ ash-Shahih,II/124).

Barangsiapa bersholawat kepadaNabi Muhammad, berarti ia telahmelaksanakan perintah Allah ta’aladi dalam firman-Nya:
“Sesungguhnya Allah dan paramalaikat-Nya bershalawat untukNabi. Wahai orang-orang yangberiman, bershalawatlah kalianuntuk Nabi dan ucapkanlah salampenghormatan kepadanya”. (QS. Al-Ahzab: 56)
Makna sholawat Allah kepada Nabidan hamba-Nya ialah pujian dansanjungan Allah kepadanya dihadapan para malaikat yang muliayang berada di sisi-Nya. Sedangkanmakna sholawat Para malaikatkepada Nabi dan orang-orang yangberiman ialah Doa. Maksudnya paramalaikat mendoakan kebaikan danmemohonkan ampunan kepada Allah bagi Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan kaum mukminin.

about author

Blogger Sens it website about blogger templates and blogger widgets you can find us on social media
Previous Post :Go to tne previous Post
Next Post:Go to tne Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan judul Artikel, Dilarang menebar Link, SPAM, Promosi disini. Jika Admin mengetahui, maka Admin akan menghapus komentar Anda. Jika ada pertanyaan, Anda juga bisa bertanya langsung kepada Pengijazah dengan cara meng Klik Link nama pada judul Artikel. Mohon Taati peraturan ini demi kenyamanan bersama.