/ / AMALAN YANG DIANJURKAN DIBULAN SUCI

AMALAN YANG DIANJURKAN DIBULAN SUCI


Amalan yang dianjurkan dibulan suci (Ahmad Lukman Nulhakim)
Assalamualaikum wr wb...!!!

Memang sudah selayaknya sebagai umat muslim yang beriman untuk mengetahui beberapa amalan yang dianjurkan di bulan suci ramadhan. Agar nantinya bisa benar-benar memiliki persiapan yang cukup, Sehingga tidak sampai menyiakan kesempatan yang ada, Tentunya di bulan yang penuh berkah ini. Selain berpuasa yang memangsudah menjadi hal yang wajib, Beberapa amalan punjuga perlu diterapkan, Agar nantinya bisa menambah suasana di bulan Ramadhan terasa lebih indah. Sehingga beberapa amalan tersebut bisa menjadi jalan untuk kekhusu’an anda dalam menjalani semua aktifitas selama bulan Ramadhan.
Beberapa amalan tersebut pada dasarnya memang bukan suatu hal yang wajib, Namun anjuran Rasulullah SAW agar seluruh umat islam bisa menjalankan amalan tersebut. Sebab hal demikian menjadi kesempatan bagus untuk menyempurnakan pahala dan keimanan anda. Bahkan hal ini juga bisa menjadi jalan untuk menggapai ridho dari AllahSWT.

Dan inilah 7 amalan yang dianjurkan olehRasulullah SAW di bulan suci ramadhan.

1. Memperbanyak sedekahMemperbanyak sedekah memang salah satu amalanyang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, Dimana menyedekahkan sebagian harta yang anda milikimemang suatu hal yang mulia. Karena dengandemikian, Rizki yang anda sedekahkan di bulan suciramadhan, Mendapat balasan yang berlipat ganda disisi Allah SWT. Dengan tanda kutip, Pemberiandisertai niat yang tulus dan ikhlas. Dan anjuranRasulullah SAW agar umat muslim memperbanyaksedekah terutama di bulan suci ramadhan,Berdasarkan sabda beliau yang telah diriwayatkanoleh Imam Bukhari dari Ibnu Abbas RA.

2. Memperbanyak I’tikaf Dengan cara beri’tikaf atau menurut istilah syar’i adalah berdiam diri di masjid untuk beribadah kepadaAllah SWT, Memang amalan yang dianjurkan di bulansuci ramadhan. Tentunya hal demikian bisamenjadikan anda terhindar dari perkara maksiatdan meningkatkan keimanan anda. Sehinggaaktifitas yang anda kerjakan di bulan suciramadhan tidaklah sia-sia. Anjuran tersebutberdasarkan hadits nabi yang telah diriwayatkanoleh Muttafaqun alaih dari Aisyah RA.

3. Mendirikan Shalat tarawih berjamaah Sholat tarawih memang suatu ibadah sunnah yangkebanyakan orang muslim menjalankannya, Namunmendirikan sholat tarawih dengan berjamaah adalahsalah satu anjuran rasulullah SAW kepada seluruhumat muslim. Yang mana anjuran tersebutberdasarkan hadits nabi yang diriwayatkan olehMuttafaqun alaih dari Aisyah RA.

4. Menghidupkan malam Lailatul Qadar malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebihbaik dari seribu bulan, Yang mana malam mulia iniberdasarkan pendapat yang paling kuat, Terdapatpada 10 malam yang terakhir di bulan Ramadhan,Tepatnya pada malam ganjil. Dan pada malam-malamtersebut alangkah baiknya jika diisi dengankegiatan yang bermanfaat seperti I’tikaf,memperbanyak do’a, mengerjakan sholat malamdan amalan lainnya.

5. Membaca Al-Qur’an Melakukan tadarus Al Qur’an juga merupakankegiatan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW,Apalagi amalan tersebut dijalankan saat bulanRamadhan. Oleh karena itu memperbanyak bacaan AlQuran di bulan ramadhan juga merupakan kegiatanyang sangat mulia, Dan isilah waktu luang andadengan memperbanyak bacaan Al Quran. Sehingga dibulan yang penuh berkah tersebut, Dapatmeningkatkan ketaqwaan dan keimanan anda.

6. Melaksanakan ibadah umroh Melaksanakan ibadah umroh di bulan suci Ramadhan,Merupakan salah satu anjuran Rasulullah SAW.Yang mana ibadah umroh di bulan Ramadhan,Pahalanya sama dengan melakukan ibadah haji.Sehingga ada baiknya jika anda melakukan ibadahumroh saat bulan suci Ramadhan tiba.

7. Memperbanyak istighfar pada malam akhir Ramadhan Meminta pengampuanan pada malam akhir Ramadhanjuga salah satu amalan yang sangat penting.Karena pada malam tersebut akan memberi banyak pengampunan bagi setiap dosa-dosa hamba AllahSWT yang meminta pengampunanNya. Hal demikiansesuai dengan hadits nabi yang telah diriwayatkanoleh Imam Ahmad, Baihaqi dan Al-Bazzar

about author

Blogger Sens it website about blogger templates and blogger widgets you can find us on social media
Previous Post :Go to tne previous Post
Next Post:Go to tne Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan judul Artikel, Dilarang menebar Link, SPAM, Promosi disini. Jika Admin mengetahui, maka Admin akan menghapus komentar Anda. Jika ada pertanyaan, Anda juga bisa bertanya langsung kepada Pengijazah dengan cara meng Klik Link nama pada judul Artikel. Mohon Taati peraturan ini demi kenyamanan bersama.